Skip navigation

Email

Email memang merupakan salah satu sarana promosi paling efektif. Dgn email, Anda bisa secara langsung berkomunikasi dgn target pasar. Email Anda akan masuk dan dibaca di mailbox calon customer. Melalui email, Anda dpt menyampaikan segala sesuatu tntang produk kepada calon pelanggan.

1. Jenis Email

Menurut kursus online dari Bapak Noerhadi pemilik klikabadi.com, di dlm bisnis internet ada 2 jenis email, yaitu :

  • Email marketing yg tak diminta dgn istilah SPAM.
  • Email marketing yg bertanggung jawab dgn istilah OPT-IN EMAIL.

Promosi menggunakan email marketing yg tak diminta (SPAM) akan menyebabkan Anda menemui banyak masalah, termasuk dikomplain atau dicaci maki oleh pemilik email.

Anda sebaiknya tdk menggunakan email SPAM dlm tugas ekspansi promosi bisnis online.

Namun, saya akan mengajak Anda menggunakan email yg bertanggung jawab (opt-in email) utk mempromosikan bisnis Anda secara mengagumkan. Saya pun akan memberitahukan cara menggunakan promosi lewat opt-in email tanpa masalah dan gangguan.

2. Perbedaan antara spam email dan opt-in email

Sekarang, mari kita membahas dahulu perbedaan antara SPAM Email dan OPT-In Email.

a. Spamming Email

Spamming atau perbuatan spam adalah suatu kegiatan pengiriman email promosi atau marketing kepada satu atau banyak     orang, sedangkan penerimanya tdk menghendakinya.

Umumnya, alamat email diperoleh secara acak dari internet dgn menggunakan sooftware khusus pencari email yg berfungsi mendownload email secara masal dari suatu website yg menyediakan layanan email gratis.

Orang-orang yang melakukan spamming tdk peduli apakah targetnya tertarik atau tdk pada penawarannya, yg terpenting adalah bisa mengirimkan penawaran atau atau promosi ke sebanyak mungkin orang.

Spamming berarti :

  • Mengirimkan pesan atau penawaran yg tdk diminta ke sebanyak mungkin target.
  • Menggunakan daftar email yg diperoleh secara tdk sah dan tdk bertanggung jawab.
  • Mengirimkan berjuta penawaran, tetapi pemesanan yg didapat hanya sebagian kecil atau mungkin malah nihil karena target tdk menghendakinya.
  • Penerima email merasa terganggu.
  • Sebagian org yg menerima email menganggapnya sebagai ‘bomb email’ dan bisa melapor ke pihak organisasi anti-spam dunia.
  • Menimbulkan masalah pda ISP sebab orang-orang yg menerima email bisa mengkomplain pda layanan email tmpt terjadinya sumber spam dan pihak ISP atau layanan email  akan dgn tegas memblokir email spam tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Nah….jika demikian, saya yakin Anda pasti tdk mau mengalaminya.

b. Opt-in Email

Berbeda dgn spam email, opt-in email atau email marketing bertanggung jawab adalah daftar email sekian banyak prospek yg secara sukarela meminta dikirimi informasi berkaitan dgn usaha atau bisnis Anda.

Opt-in email diperoleh dari pengunjung yg telah memasuki website Anda. Di sini, Andda telah siap dgn penawaran akan informasi gratis tntang produk yg Anda tawarkan maupun penawaran download produk digital secara gratis.

Saat menginginkan suatu produk gratis, seorang pengunjung secara sukarela akan menuliskan alamat email-nya di kotak yg telah Anda sediakan. Selanjutnya, alamat email masuk ke database Anda. Kemudian dgn program auto responder yg telah Anda sediakan, Anda dapat mengirimkan alamat download produk gratis yg dijanjikan ke alamat email pengunjung tadi.

Dgn opt-in email, para pemilik email pun merasa sangat dihargai sebab mereka diberi kesempatan utk keluar dari daftar opt-in email atas kehendak sendiri. Caranya adalah dgn memberikan link URL kecil yang bisa d’klik sewaktu-waktu utk menghapus email mereka dari daftar opt-in email Anda secara otomatis.

Keuntungan menggunakan OPT-IN Email    :

  • Mengirimkan suatu penawaran kpd org-org yg sdh tertarget.
  • Tdk akan menyebabkan gangguan kpd si penerima email sebab mereka sudah sukarela mengijinkan Anda memberikan informasi.
  • Respon lebih cepat dan kadang-kadang Anda akan bisa menerima order beberapa menit setelah penawaran dikirimkan.
  • Tdk akan menyebabkan gangguan pda ISP sebab tdk ada komplain dgn penawaran Anda.
  • Dpt mengirimkan penawaran produk, mem-follow up, serta bisa terus-menerus berhubungan dgn pelanggan dgn biaya relatif murah.
  • Bisa secara terus-menerus memprospek atau menawarkan produk kpd mereka yg blm pernah membeli produk kita tanpa risiko dikomplain berbuat spam.
  • Menawarkan produk baru ke pelanggan setia “lagi dan lagi” secara terus-menerus tanpa harus mengeluarkan biaya ekstra.

2 Comments

  1. Idenya mantap. Bagaimana mendapatkannya. Aku mau tanya, kenapa email web saya masuknya ke spam bukan ke inbox? Mohon bantuannya. Trimksh,

    • hmm , klo mslh itu saia ga pernah alamin , tp coba aja check di setting nya dulu !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: